Anjing dan Kelinci

Anjing dan Kelinci

Suatu hari, seekor kelinci sedang menggigit-gigit tanaman di ladang saat ia menyadari keberadaan seorang pemburu yang belum pernah ia lihat sebelumnya sedang berpatroli di daerah itu bersama anjingnya.

Sekarang ada dua predator yang harus kukecoh, pikir kelinci, dan karena anjing pemburu itu jauh lebih muda daripada aku, ia mungkin juga jauh lebih cepat. Untuk mengimbangi kecepatan anjing itu, aku harus mengenal setiap sentimeter daerah ini di luar kepala.

Setelah mendapatkan inisiatif tersebut, kelinci itu pergi ke ladang pada waktu makan malam, saat ia tahu pemburu itu tidak berada di sekitar situ. Ia mempelajari semua tempat persembunyian, setiap tanaman perdu, dan jalan menembus setiap semak belukar. Beberapa hari kemudian, anjing itu melihat kelinci dan mengejarnya. Kelinci melesat melewati ladang, tanaman perdu, dan semak belukar, dan dengan mudah meloloskan diri. Dengan tubuh letih dan kecewa, anjing kembali ke pemburu.

aning dan kelinci

Seorang penggembala kambing yang kebetulan lewat melihat peristiwa kejar-kejaran tersebut dan mulai mengejek anjing itu. “Anjing pemburu seperti apa kamu ini! Kamu seharusnya malu pada dirimu sendiri karena membiarkan seekor kelinci yang jauh lebih kecil dan jauh lebih tua darimu mengalahkanmu.”

“Anda melupakan satu hal,” anjing itu menjawab. “Aku tadi berlari untuk mendapatkan makan malamku, tapi kelinci itu berlari untuk menyelamatkan nyawanya.”

Inisiatif adalah api yang membara dalam individu. Inisiatif bukan berarti menunggu untuk diberitahu apa yang harus dilakukan. Inisiatif adalah dorongan lahiriah untuk membuat suatu proses, sistem, atau produk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Orang mengambil inisiatif untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri dengan menggunakan waktu di luar jam kerja untuk belajar lagi. Banyak orang mengambil inisiatif tanpa mengetahui apakah jerih payah mereka itu akan menghasilkan sesuatu atau menguntungkan siapa pun.

Inisiatif adalah hasil dari kebutuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s