Daging dan Urat Daging

Tips memilih daging sapi segar

Yang dimaksud dengan daging di sini adalah daging hewan yang digunakan sebagai makanan. Dalam praktik; definisi ini terbatas pada beberapa lusin spesies dari 3000 spesies mamalia yang dikenal; sering pula diperluas dengan memasukkan organ-organ, seperti hati dan ginjal, otot dan jaringan lain yang dapat dimakan di samping urat daging. Sebagian besar daging yang dapat dimakan dan dikonsumsi berasal dari daging domba, sapi, babi, dan kelinci. Tetapi di beberapa negara daging kuda, kerbau, dan rusa juga secara normal dikonsumsi.

Dari beberapa tempat di dunia spesies lainnya juga dimakan sesuai dengan ketersediannya atau karena adat setempat. Contohnya, anjing laut dan beruang kutub, penting dalam makanan orang Eskimo. Jerapah, badak, kuda nil, dan gajah dibutuhkan oleh beberapa suku di Afrika Tengah. Kanguru dimakan oleh suku aborigin Australia. Anjing dan kucing termasuk yang dimakan di Asia Tenggara. Unta banyak dikonsumsi di daerah padang pasir. Dan ikan hiu dimakan di Norwegia dan Jepang.

Variasi yang sangat banyak dalam kualitas makanan dan penyimpanan daging, selalu terlihat semu oleh konsumen. Kemudian mendapat perhatian dalam beberapa tahun terakhir ini sejumlah pengembangan metode prepackaging dalam peragaan dan penjualan. Pendapat yang mengatakan bahwa variabilitas dalam beberapa sifat daging, mungkin secara rasional mencerminkan perbedaan sistematis dalam komposisi dan kondisi jaringan urat daging sebagai aspek pascamati (postmortem), secara perlahan disadari. Pengertian tentang daging harus berdasar pada apresiasi fakta bahwa urat daging dikembangkan dan berdiferensiasi untuk tujuan fisiologis tertentu sebagai respons terhadap berbagai stimulus, dari dalam (intrinsik) maupun dari luar (ekstrinsik).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s