Pemingsanan Ternak Sapi dan Ruminansia Besar Lainnya yang Akan Dipotong

Pada dasarnya ada dua cara atau teknik pemotongan ternak, yaitu: (1) teknik pemotongan secara langsung, dan (2) tidak langsung. Pemotongan secara langsung dilakukan setelah ternak dinyatakan sehat, dan dapat disembelih pada bagian leher dengan memotong arteri karotis dan vena jugularis serta esophagus. Pemotongan ternak secara tidak langsung artinya, ternak dipotong setelah dilakukan pemingsanan dan setelah ternak benar-benar pingsan.

Tujuan pemingsanan yaitu untuk memudahkan pelaksanaan penyembelihan ternak, agar ternak tidak tersiksa dan terhindar dari resiko perlakuan kasar, agar kualitas kulit dan karkas yang dihasilkan lebih baik, karena pada waktu menjatuhkan, ternak tidak banyak terbanting atau terbentur benda keras, sehingga cacat pada kulit atau memar pada karkas seminimal mungkin.

Pemingsanan ternak dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: (1) dengan alat pemingsanan atau yang lazim disebut knocker, (2) dengan senjata pemingsanan atau yang lazim disebut stunning gun, (3) dengan cara pembiusan, dan (4) dengan menggunakan arus listrik.

stunning-di-rphBila pemingsanan ternak dilakukan dengan alat atau senjata pemingsanan, maka alat atau senjata yang telah diisi peluru diletakkan tepat pada titik tengah kening tulang kepala sedikit di bagian atas antara kedua kelopak mata. Peluru diarahkan ke otak secara tepat dan pelatuk ditarik sehingga peluru meledak menggerakkan piston martil berkecepatan tinggi mengenai otak dan ternak menjadi pingsan. Pada pemingsanan dengan senjata pemingsanan, selongsong peluru akan tertinggal di dalam senjata dan dapat diambil. Penyembelihan dilakukan setelah ternak benar-benar pingsan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s