Hasil Laut Akibatkan Alergi?

Seafood-Display

Pernahkah anda mengalami alergi setelah mengkonsumsi makanan hasil laut? Bagi yang pernah menglaaminya, wajar bila timbul perasaan antipati terhadap makanan laut. Padahal, makanan seperti ikan, udang, cumi-cumi, atau kerang, selain bernilai gizi tinggi juga dapat diperoleh dengan mudah dan harga relative murah, serta cara mengolahnya pun tidak rumit.

Gejala alergi biasa ditunjukkan dengan timbulnya rasa mual, pusing, badan lemas, dan timbul bentol-bentol yang disertai gatal biduren (skin rash). Shock ini sebenarnya merupakan reaksi penolakan tubuh terhadap zat asing dalam aliran darah. Kandungan histamin pada ikan, udang, cumi-cumi, atau fauna laut lain sering menimbulkan alergi bagi yang sensitive. Namun, sebenanrya histamin hanya ditemukan pada fauna yang sudah mulai rusak atau membusuk.

Histamin umumnya terbentuk dari fraksi protein yang bereaksi dengan enzim-enzim dan merupakan hasil metabolisme anaerob post mortem yang terjadi setelah kematian makhluk hidup. Oleh karena itu, kasus alergi hanya terjadi bila makanan hasil laut yang dikonsumsi sudah kadaluarsa atau kualitasnya tidak baik. Aktivitas enzim-enzim atau mikroorganisme pembusuk telah mengubah komposisi kimiawi makanan hasil laut.

Bagaimana mengenali makanan laut yang kadaluarsa atau mulai rusak? Secara umum, perubahan komposisi kimiawi dagin pada hasil laut, seperti ikan atau udang yang mengalami pembusukan ditandai oleh tekstur lembek, berau busuk, serta kusam. Tekstur lembek pada ikan mudah dikenali melalui mata. Mata ikan ang seharusnya menonjol menjadi melesek (masuk) bila ditekan dengan jari. Lembek juga menyebabkan sisik ikan atau kulit luar udang mudah lepas dari dagingnya. Pada cumi-cumi, kerusakan ditandai dengan pecahnya kantong tinta serta mata memerah (bengkak).

Dengan mengenali ciri-ciri fisik kerusakan memudahkan kita dalam memilih hasil laut segar yang mempunyai kualitas baik. Diharapkan, perasaan khawatir akan timbulnya alergi karena mengkonsumsi hasil laut dapat dihindarkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s