Sekilas tentang Yoghurt

Kata yoghurt berasal dari yogurt dari bahasa turki. Yoghurt merupakan hasil fermentasi dari susu. Meskipun kebanyakan sekarang yoghurt diproduksi dari susu sapi, namun yoghurt bisa dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kedelai.

Yoghurt diceritakan tanpa sengaja ditemukan di Asia Tengah sekitar tahun 6000 SM, ketika susu alami yang dibawa di dalam wadah yang terbuat dari perut hewan menjadi mengental. Sejak saat itu, yoghurt terus dikembangkan hingga sekarang. Ada juga yang mengatakan bahwa yoghurt digunakan sebagai pembersih dan juga beauty lotion pada sekitar tahun 2000 SM. Ini dikarenakan sifat asam yang dimiliki yoghurt mampu menghilangkan kotoran dan karat, serta membersihkan sel kulit mati dan juga memelihara kesehatan sel kulit. Konon, para imigran Turki lah yang membawa yoghurt ke Amerika Utara sekitar tahun 1700an namun tidak banyak orang yang tertarik hingga tahun 1940an ketika Daniel Carasso, putra dari penemu Danone, Isaac dan Juan Metzger memiliki pabrik yoghurt kecil di Bronx, New York. Pabrik ini kemudian dikenal dengan nama Dannon.

Yoghurt mengandung nutrisi dan banyak manfaat untuk tubuh. Kalsium dan vitamin D yang terkandung di dalamnya dapat membantu menjaga tulang agar tetap sehat dan terbebas dari osteoporosis. Selain itu juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi berkat kalium yang dimiliki oleh yoghurt ini. Yoghurt mengandung bakteri baik yang membantu fungsi sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan usus, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta dapat membantu merangsang sel darah putih melawan infeksi dalam aliran darah. Selain kandungan di atas, yoghurt juga mengandung berbagai nutrisi seperti fosfor, vitamin B5, vitamin B12, yodium, dan juga riboflavin. Yoghurt sekarang tidak hanya dapat dinikmati plain saja, namun sekarang sudah banyak dicampur dengan buah-buahan dan juga sayur sehingga memberikan rasa yang lebih segar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s