Pakaian

Pakaian

Hampir semua manusia di planet ini kehidupannya tidak lepas dari pakaian. Pakaian digunakan untuk melindungi tubuh dari pengaruh suhu di luar. Dalam peradaban manusia pakaian juga berfungsi menutup aurat.

Selain itu pakaian juga digunakan untuk penampilan. Pakaian tidur jelas berbeda dengan pakaian kerja. Begitu pula pakaian yang digunakan dalam acara pesta berbeda dengan pakaian di kolam renang.

Umumnya orang memakai pakaian sesuai dengan ukuran tubuhnya. Ketika ukuran tubuhnya kecil maka tentu ukuran pakaiannya juga kecil. Demikian pula ketika ukuran tubuhnya membesar orang membutuhkna pakaian yang lebih besar. Akan terlihat lucu jika ukuran tubuh kecil mengenakan pakaian berukuran besar. Dan apa yang terjadi jika ukuran tubuh besar mengenakan pakaian yang kecil?

Analogi pakaian dapat diterapkan di dunia kerja. Pakaian adalah jabatan dan tubuh adalah kapabilitas. Mereka yang kapabilitasnya masih belum memadai namun inginnya memegang jabatan tinggi, seperti anak kecil yang inign mengenakan pakaian ayahnya. Jika tidak dipenuhi keinginannya maka anak tersebut akan menangis.

Dalam konteks seperti itu maka penting bagi seorang pemimpin menyikapinya secara bijak. Terkadang layaknya seorang ayah yang sayang pada anaknya dan selalu memenuhi keinignan anaknya, demikian juga pemimpin tersebut. Karena khawatir stafnya keluar dan pindah ke perusahaan pesaing maka dituruti juga permintaan tersebut. Atau, karena sang pemimpin mempunyai kepentingan tertentu agar staf tersebut tetap ada dalam organsiasi.

Namun sesungguhnya kebijakanseperti itu akan mencelakakan stafnya. Pada akhirnya staf tersebut tidak akan efektif dan malah akan menimbulkan masalah lain yang lebih besar dalam organsisasi.

Sebaliknya, terkadang juga terjadi ketika kapasitas seseorang yang terus bertambahn namun pakaiannya tidak diganti yang lebih besar. Kondisi tersebut akan membuat orang tersebut menjadi tidak nyaman. Jika pemimpin tidak peduli dengan kondisi itu maka jangan disalahkan jika stafnya mencari baju yang lebih besar di tempat lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s