Air Soda dan Cara Pembuatannya

Setelah sekian lama “hilang” ditelan berbagai kesibukan, akhirnya bisa berbagi lagi di blog ini. Hehehe. Kali ini saya akan membahas salah satu minuman ringan yang asalnya dari luar negeri, tepatnya Inggris. Minuman berkarbonasi atau yang biasa disebut dengan air soda merupakan salah satu minuman yang paling terkenal di dunia. Tidak sulit mendapatkannya karena hampir di setiap toko dan swalayan menyediakan beraneka macam minuman bersoda.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan air soda? Air soda yang memiliki  rumus kimia H2CO3 dibuat dengan melarutkan gas karbondioksida (CO2) ke dalam air. Bila diinjeksi ke dalam air dengan tekanan tinggi, karbondioksida akan membentuk asam karbonat. Asam karbonat tersebutlah yang menyebabkan timbulnya sentuhan khas soda di mulut (mouhfeel) dan perasaan yang menggigit pada saat diminum.

Dibalik kenikmatan dan kesegaran yang ditawarkannya, air soda dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Efek soda bagi kesehatan tubuh manusia hanya dapat terdeteksi jika dikonsumsi dalam jangka panjang dengan jumlah yang tidak sedikit. Jadi, konsumsi minuman jenis tersebut sesekali bukanlah sesuatu yang membahayakan, tentunya dengan porsi yang normal dan tidak berlebihan.

Namun kali ini bukan efek dari air soda yang akan dibahas, melainkan bagaimana cara membuat air soda sendiri. Akan lebih baik jika kita membuatnya sendiri di rumah karena menggunakan bahan-bahan yang lebih aman sehingga lebih sehat. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat minuman soda :

  1. Siapkan bahan dan alat sebagai berikut :
  • Air sebanyak 8 liter
  • Gula sebanyak 2 kg
  • Botol plastik dengan tutup, untuk menyimpan air soda yang sudah jadi
  • Panci besar
  • Sendok besar untuk mengaduk
  • Perasa
  • 1 bungkus ragi pembuat sampanye
  • Ekstrak soda
  • Termometer dapur

 

  1. Rebus air dan gula

Dalam panci besar, tuang air dan gula. Rebus hingga mendidih dan gula larut ke dalam air. Pada proses ini dapat ditambahkan dengan bumbu atau perasa yang diinginkan, seperti jahe (untuk membuat ginger ale) atau kulit lemon. Masukkan perasa bersamaan dengan gula. Setelah gula larut, saring larutan.

 

Soda

 

  1. Masukkan ekstrak soda dan ragi, kemudian aduk hingga larut sempurna

 

  1. Tuangkan larutan ke dalam botol menggunakan corong, kemudian tutup dengan erat

 

  1. Simpan botol pada suhu ruang

Pada tahap ini terjadi proses fermentasi, menghasilkan karbon dioksida. Diperlukan waktu 2-3 hari agar air berkarbonasi

 

  1. Uji karbonasi

Remas botol plastik. Bila rasanya keras ketika Anda remas, berarti air terkarbonasi. Bila botol melekuk dengan muda, berarti perlu beberapa waktu lagi.

 

  1. Dinginkan botol. Ketika soda sudah jadi, masukkan ke dalam kulkas agar dingin. Ketika sudah dingin, air soda siap untuk dinikmati untuk menyegarkan hari-harimu. J

 

Sumber :

http://www.academia.edu/

http://disehat.com/

http://id.wikihow.com/

2 thoughts on “Air Soda dan Cara Pembuatannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s